Jumat, 21 Januari 2011

SMS Broadcast dan Keuntungannya

SMS broadcast sering di dengar atau diliat di media massa ataupun literatur teknologi selular, namun masih banyak yang belum mengetahui pegunaan dan apa sih itu SMS broadcast. Dalam kesehariannya kita saat ini, seiring teknologi mobile yng semakin canggih, serta aneka macam jenis ponsel yang digunakan ditambah lagi biaya telpon yang semakin murah saja, memaksa para pembuat sistim untuk memanfaatkan teknologi ini sebagai bagian daripada add-on dalam bisnis dan korporasi. Nah SMS broadcast inilah salah satu inovasinya.

SMS broadcast sebenernya sudah lama hadir di dunia, semenjak teknologi selular dibuat, SMS broadcast ini sudah ada. Merupakan fungsi cabang dari SMS gateway system, yaitu sistim yang memanfaatkan SMS pada jaringan selular GSM/CDMA dalam menyampaikan suatu data atau informasi – keluar dan masuk (input-output) – dari dan ke sistim, baik secara satu persatu ataupun secara massal / serentak.

Pada SMS broadcast ini, SMS gateway hanya digunakan sebagai fasilitas penyebar informasi saja, artinya dari aplikasi / perangkat lunak berupa software SMS broadcast yang dilengkapi Modem GSM/GPRS/CDMA sebagai media pengiriman informasi/sms. Dengan sekali input data atau informasi pada software SMS, kita dapat mengirimkan ke banyak nomor telepon selular yang terdaftar di database software SMS broadcast. Dalam waktu singkat ataupun lama (tergantung jumlah nomor selular yang dikirimi dan kemampuan modem pengirim SMSnya), satu atau beberapa informasi dapat terkirim ke banyak penerima. Tidak membutuhkan waktu untuk menunggu seluruh pesan terkirim semua, sistim mengerjakan untuk kita hingga selesai. Kemampuan sebar SMS-nya pun saat ini sudah mulai meningkat seiring meningkatnya perkembangan teknologi seluar khususnya modem pengirim SMS seperti Merk Modem Wavecom, Ultimo, Maestro, Siemens, Cinterion, simcom dan masih banyak lagi merk-merk modem sejenis yang dapat digunakan sebagai media pengiriman SMS dari software SMS Broadcast (bulk SMS software). Ada yang mampu mengirimkan 50 SMS per menit, dan ada yang mampu mengirimkan SMS sekaligus dalam jumlah 1000 sms/menit, semua tergantung dari kemampuan modem yang digunakan sebagai pengirim SMS-nya.

Untuk Indonesia, dengan perkembangan persaingan dunia selular dan telekomunikasi, kini provider GSM/CDMA banyak memberikan paket-paket murah pulsa dan sms, malah ada yang gratis SMS. Nah dengan paket-paket promo ini, kita lebih jadi bisa berhemat dalam program marketing ataupun informasi sejenisnya. Menyampaikan informasi dengan biaya yang murah serta tepat sasaran, langsung ke pengguna ponsel.

Keuntungan Penggunaan SMS broadcast untuk Bisnis:

Software yang semakin canggih dan fungsional, bisa di install di laptop, sehingga pengiriman SMS broadcast dapat dilakukan dimana saja.

Harga Software yang sudah semakin murah, range harga mulai 500 ribu hingga 5 jutaan (tergantung kemampuan software dalam penggunaan modem-nya).

Biaya pulsa SMS yang semakin murah malah gratis di beberapa layanan selular.

Target penyampaian informasi kepada pelanggan atau karyawan dapat tercapai, dan merata.

Maintenance yang murah.

Harga modem SMS yang juga semakin terjangkau dengan banyak pilihan yang tersedia di pasaran.

Untuk apa saja SMS broadcast dapat diimplementasikan:

Fungsi penyampaian informasi kepada nasabah/ pelanggan bagi perusahaan pelayanan.

Fungsi marketing yaitu sebagai penyampai informasi promosi dan iklan produk.

Fungsi distribusi dan kolaborasi informasi kelompok/member suatu organisasi non-profit atau profit.

Kampanye Politik dan Pemilihan Umum.

Informasi siswa/mahasiswa di sekolahan.

Informasi kepada orang tua murid di sekolahan.

Informasi karyawan dari suatu perusahaan.

Program periklanan sms.

dsb.

Siapa saja yang bisa menggunakan SMS broadcast ini:

Perusahaan.

Institusi Pemerintahan, Swasta, Pendidikan.

Perdagangan, pertokoan (pribadi atau perusahaan).

Organisasi non-profit

Ormas

Parpol.

dsb

Apa saja yang dibutuhkan:

Software SMS gsteway / SMS bulk / SMS broadcast yang sesuai kebutuhan.

Komputer atau laptop.

kartu selular (GSM / CDMA)

Pulsa (pasti dong)…

Modem GSM/CDMA dengan fasilitas dukungan perintah AT command (bisa Serial RS232 ataupun USB).

terakhir adalah database nomor telepon selular yang akan dikirimkan SMS —

Nah sampai disini diharapkan para pembaca dapat mengerti sedikit mengenai SMS broadcast. Selamat hunting software SMS broadcast yang murah dan juga modemnya..

2 komentar:

  1. artikelnya menarik....
    mampir jga di blog ane yah....?? ane tunggu....
    makasih

    BalasHapus
  2. ok banget boss....
    harga sofwarenya berapa?

    BalasHapus