Selasa, 26 Oktober 2010

Contoh Proposal IPPT



  1. PENDAHULUAN

Koperasi Karyawan Adiwira Plastik berdiri pada tanggal 8 Agustus 2005 dengan Akta Pendirian Notaris SUBIJANTO T. SASTRODIRJO, SH, MH dengan nomor 27/SK/NOT/VIII/2005 dan telah di sahkan menjadi Sebuah Badan Hukum oleh KANTOR MENTERI NEGARA URUSAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA Nomor 518/20/BH/KPTS/Kankop/2005 dengan nama KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK (KOPKAR ADIWIRA) dengan alamat Jl. Raya Jakarta Bogor Km 51,3, Desa Cimandala, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor, dengan ketentuan Undang-undang no 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian.

Tanda daftar perusahaan dan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) pun telah diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor dengan nomor : 155/10-20/PK/II/2006.

Sebagai Koperasi yang beranggotakan karyawan PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – Divisi Adiwira Plastik, maka Koperasi Karyawan Adiwira Plastik didirikan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta menjadi gerakan ekonomi rakyat serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional.

  1. LATAR BELAKANG

Salah satu usaha yang Kami lakukan adalah bekerja sama dengan PT. ASTRA OTOPART Tbk – Divisi Adiwira Plastik melakukan assembling terhadap part-part yang diproduksi.

Demi meningkatkan kepercayaan bagi KOPKAR ADIWIRA terhadap PT. ASTRA OTOPARTS Tbk. – Divisi Adiwira Plastik, serta untuk dapat meningkatkan  permodalan Kami, maka Kami berusaha untuk melengkapi perijinan bagi usaha yang di lakukan oleh KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK.

Dalam hal perjalanannya Kami menyadari bahwa banyak hal yang harus Kami tempuh terlebih dahulu termasuk perijinan. Oleh karena itu, Kami berharap semoga proposal ini dapat menjelaskan kepada pihak / instansi yang terkait di Kabupaten Bogor, tempat dimana lokasi tempat Kami berdomisili, dan jenis usaha yang akan kami lakukan secara umum.   

  1. DASAR PEMIKIRAN

1.      Tujuan didirikannya koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup anggota ( Karyawan PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – Divisi Adiwira Plastik ) pada khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya, serta menjadi gerakan ekonomi rakyat serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional.
2.      Program perusahaan PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – Divisi Adiwira Plastik yang di dukung oleh KOPKAR ADIWIRA dalam rangka pelaksanaan program CSR ( Company Social Responsibility ) terhadap warga disekitar perusahaan.

  1. TUJUAN

Maksud dibuatnya proposal ini adalah memberikan gambaran secara umum mengenai usaha yang akan Kami lakukan pada Lokasi di Jl. Bintang Mas, Kel. Nanggewer Mekar, Kec. Cibinong, Kab. Bogor.
Tujuan dibuatnya proposal ini adalah sebagai bahan telaah dan penilaian serta kajian pihak-pihak yang berwenang dan terkait, guna memperoleh Ijin Peruntukan Penggunaan Tanah, dan ijin-ijin lainnya di dalam ruang lingkup Kabupaten Bogor.

  1. RENCANA KEGIATAN

Kami berencana akan melakukan perakitan terhadap part-part komponen sepeda motor yang diproduksi oleh PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – Divisi Adiwira Plastik di tempat Kami, dan akan melibatkan peran serta masyarakat disekitar lokasi.

  1. URAIAN PROSES

Urutan proses yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut :
-          Kami  akan mengambil part-part dari PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – DIVISI ADIWIRA PLASTIK
-          Part tersebuat kemudian akan kami kerjakan / rakit di dalam lokasi Kami menjadi part assembly
-           Part assembly yang sudah Kami kerjakan / rakit akan kami kirim kembali ke PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – DIVISI ADIWIRA PLASTIK

  1. TENAGA KERJA

Dalam rangka melakukan seluruh pekerjaan yang telah Kami sebutkan diatas, Kami membutuhkan karyawan sebanyak ± 20 orang termasuk Staff dan Pimpinan. Dalam melakukan proses rekrutment karyawan, Kami akan lebih mengutamakan masyarakat sekitar lokasi. Dan untuk tingkatan operator dan Manajerial akan dilakukan test yang sesuai dengan kapasitas pada masing-masing posisi yang akan ditentukan kemudian. 

  1. TENAGA KERJA

Dalam rangka melakukan pengiriman part-part komponen kepada PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – Divisi Adiwira Plastik, rencananya kami akan menggunakan kendaraan berupa jenis truk single dan doube engkel.



  1. PENUTUP

Demikian Proposal ini dibuat, semoga dapat menjelaskan tentang gambaran secara umum mengenai kegiatan-kegiatan  yang akan Kami lakukan. Dan Kami berharap proposal ini  dapat dijadikan pertimbangan untuk memperoleh ijin dari dinas / instansi terkait didalam ruang lingkup Kabupaten Bogor.


Bogor, 15 November 2009
Hormat Kami,
KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK
PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – DIVISI ADIWIRA PLASTIK




AGUS HARIWIYONO, ST.
KETUA UMUM

2 komentar:

  1. sangat bermanfaat....
    kalau proposal untuk vila atau rumah peristirahatan kira2 ada contoh bung.....
    trimakasih sebelumnya

    BalasHapus