Jumat, 17 September 2010

PROPOSAL PENAWARAN JASA TENAGA KERJA KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – DIVISI ADIWIRA PLASTIK

 

  1. PENDAHULUAN

 

Koperasi Karyawan Adiwira Plastik berdiri pada tanggal 8 Agustus 2005 dengan Akta Pendirian Notaris SUBIJANTO T. SASTRODIRJO, SH, MH dengan nomor 27/SK/NOT/VIII/2005 dan telah di sahkan menjadi Sebuah Badan Hukum oleh KANTOR MENTERI NEGARA URUSAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH REPUBLIK INDONESIA Nomor 518/20/BH/KPTS/Kankop/2005 dengan nama KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK dengan alamat Jl. Raya Jakarta Bogor Km 51,3, Desa Cimandala, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor, dengan ketentuan Undang-undang no 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian.

 

Tanda daftar perusahaan dan Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) pun telah diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor dengan nomor : 155/10-20/PK/II/2006 untuk SIUP dan 10,20,2,65,01001 untuk Tanda Daftar Perusahaan.

 

Sebagai Koperasi yang salah satu unit usahanya adalah penyedia tenaga kerja, KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK, PT. ASTRA OTOPARTS Tbk. – DIVISI ADIWIRA PLASTIK juga telah mendapatkan ijin dari DINAS SOSIAL TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BOGOR dengan nomor 565/575/IO/2009.

 

Koperasi Karyawan Adiwira Plastik didirikan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta menjadi gerakan ekonomi rakyat serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional.

 

Salah satu usaha yang dilakukan oleh KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK adalah sebagai penyedia tenaga kerja bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.  Dalam hal menyiapkan tenaga kerja – tenaga kerja yang handal dan berkualitas, perekrutan dan pembinaan dilakukan dengan sistem yang tertata dengan baik, sehingga dapat menjamin kualitas tenaga kerja yang di tawarkan.

 

  1. DASAR PEMIKIRAN

 

1.    Tujuan didirikannya koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta menjadi gerakan ekonomi rakyat serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional.

2.    Program perusahaan pelanggan dalam rangka pelaksanaan program CSR ( Company Social Responsibility ) terhadap warga disekitar perusahaan.

3.    Program perusahaan pelanggan dalam rangka pelaksanaan program CRP ( Cost Reduction Program ) didalam lingkungan perusahaan.

 

  1. TUJUAN

 

1.    Meningkatkan kesejahteraan anggota KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK dengan cara lebih meningkatkan dana untuk pinjaman karyawan dengan cara sebagai penyedia tenaga kerja bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

2.    Mendukung program perusahaan pelanggan pada program CSR, dengan cara lebih memperluas lapangan kerja bagi warga sekitar perusahaan yang tidak bisa bekerja karena keterbatasan kualifikasi persyaratan tertentu dengan cara membuka jalan bagi warga sekitar perusahaan untuk bisa bekerja dengan kualifikasi yang lebih lebih longgar.

3.    Mendukung program perusahaan pelanggan pada program CRP, dengan cara mempekerjakan karyawan-karyawan yang memiliki kualifikasi yang tidak terlalu tinggi sehingga dapat mengurangi biaya pemakaian upah.


  1. RENCANA KERJA SAMA

 

Kerjasama yang ditawarkan adalah dalam bentuk kerjasama koperasi sebagai penyedia tenaga kerja bagi perusahaan. Kualifikasi tenaga kerja yang diberikan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Dalam hal kerjasama tersebut, tenaga kerja dipekerjakan di perusahaan pelanggan dengan perhitungan gaji sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK mendaftarkan tenaga kerja tersebut pada seluruh program PT. JAMSOSTEK diantaranya adalah :

 

1.    Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)

2.    Jaminan Kematian (JKM)

3.    Jaminan Hari Tua (JHT)

4.    Jaminan Pelayanan Kesehatan (JPK)

 

Selain itu, KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK memberikan seragam untuk tenaga kerja seperti :

 

1.    Pakaian

2.    Topi

3.    Kartu Pengenal

4.    Alat Pelindung Diri

 

digunakan pada saat tenaga kerja bekerja pada perusahaan pelanggan.


  1. DAFTAR LAMPIRAN

 

  1. Pengesahan Akta Pendirian Koperasi
  2. Surat Ijin Usaha Perdagangan ( SIUP )
  3. Tanda Daftar Perusahaan ( TDP )
  4. Surat Ijin dari Dinas Sosial Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Bogor
  5. Contoh Kartu Peserta JAMSOSTEK
  6. Contoh Kartu Jaminan Pelayanan Kesehatan PT. JAMSOSTEK
  7. Formulir Permintaan Tenaga Kerja Out Sourching (FPTKO)

 

  1. PENUTUP

 

Demikian Proposal ini dibuat, sebagai gambaran secara umum mengenai penawaran kerjasama penyedia tenaga kerja dari KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK, PT. ASTRA OTOPARTS Tbk. – Divisi Adiwira Plastik.

 

Bogor, 15 November 2009

KOPERASI KARYAWAN ADIWIRA PLASTIK

PT. ASTRA OTOPARTS Tbk – DIVISI ADIWIRA PLASTIK

 

 

 

 

AGUS HARIWIYONO, ST

KETUA UMUM






 



 


 



 


2 komentar:

  1. nice post......
    salam...
    gini bang koperasi saya ingin memfasilitasi masyarakat umum menjadi peserta jamsostek nah untuk itu saya ingin mengajukan proposal kerjasama/kemitraan dengan jamsostek.
    untuk itu saya mohon abang dapat membantu saya dalam penyusunan proposal dimaksud. sekian trima kasih sebelumnya.... salam
    oya.. kalo abang bersedia tolong di kirim ke email saya (ji_mboeik@yahoo.co.id)

    BalasHapus
  2. mantap boss,,
    ada yang ingin saya tanyakan nih, koperasi di tempat kerja saya ingin menjadi penyedia jasa tenaga kerja buat perusahaan, gimana caranya? dan kira-kira berapa dana yang di butuhkan? thanks sebelumnya
    (izin copy faste boss)

    BalasHapus